Selasa, 27 Maret 2012

SYAIR RUMI

,DEBU DIATAS CERMIN
Hidup / jiwa seperti cermin bening;
tubuh adalah debu di atasnya.
Kecantikan kita tidak terasa,
karena kita berada di bawah debu.
(SyaiR Jalaluddin RuMi)
KEBENARAN
Nabi bersabda bahwa Kebenaran telah dinyatakan:
“Aku tidak tersembunyi, tinggi atau rendah
Tidak di bumi, langit atau singgasana.
Ini kepastian, wahai kekasih:
Aku tersembunyi di kalbu orang yang beriman.
Jika kau mencari aku, carilah di kalbu-kalbu ini.”
(Syair Jalaluddin RuMi)
SHINE OF LIFE
SEBUAH BUKU
Tujuan sebuah buku mungkin
sebagai petunjuk. Namun kau
dapat juga menggunakannya
sebagai bantal; Kendati
sasarannya adalah memberi
pengetahuan, petunjuk,
keuntungan. (Syair Jalaluddin
RuMi)
AKAN JADI APA DIRIKU
Aku terus dan terus tumbuh seperti rumput;
Aku telah alami tujuh ratus dan tujuh puluh
bentuk.
Aku mati dari mineral dan menjadi sayur-
sayuran;
Dan dari sayuran Aku mati dan menjadi
binatang.
Aku mati dari kebinatangan menjadi manusia.
Maka mengapa takut hilang melalui kematian?
Kelak aku akan mati, Membawa sayap dan bulu
seperti malaikat:
Kemudian melambung lebih tinggi dari malaikat,
Apa yang tidak dapat kau bayangkan.
Aku akan menjadi itu.
(Syair Jalaluddin RuMi)
Seorang hamba yang ditengah dirundung
kesulitan,
mengeluh, dengan berbagai cara,
kepada Rabb-nya
Dan Rabb berkata : "bukankah dengan semua
derita dan sakitmu engkau menjadi taat dan
berdoa dengan berendah
hati kepada-KU;
Seharusnya yang engkau keluhkan adalah semua
kenikmatan
yang engkau terima yang menyebabkan engkau
menjauh dari pintu-KU."
Sejatinya musuhmu adalah obat bagimu;dia
ramuan penyembuhmu,dia hadiah untukmu,dia
yang menguasai hatimu; karena dia engkau
bergegas ber-khalwat kepada Rabb-mu dan sepenuh
diri berusaha mencari Rahmat-NYA
(Mevlana Jalaluddin Rumi)

Published with Blogger-droid v2.0.4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar